Cara Ampuh Mengamankan Data Pada Hardisk

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tulisan tentang cara mengamankan hardisk komputer/laptop supaya tidak mudah diakses oleh orang lain. Untuk mengamankan partisi pada hardisk dengan cara enkripsi sebenarnya bisa dilakukan dengan bantuan banyak software salah satunya dengan TrueCrypt. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mengamankan partisi hardisk dengan menggunakan software bawaan dari Windows yaitu BitLocker. Yuk simak ulasan lengkapnya...

Cara Ampuh Mengamankan Data Pada Hardisk

BitLocker merupakan salah satu fitur terlupakan yang terdapat pada versi Windows 7 Enterprise dan Ultimate dan pada Windows versi setelahnya. BitLocker ini berfungsi untuk mengenkripsi atau mengamankan Drive atau Partisi Hardisk di komputer sehingga mencegah orang lain mengetahui isi dalam partisi kita kecuali sobat dan orang lain mengetahui kata sandinya. Dengan menggunakan fitur ini maka file sobat akan aman dari tangan jail orang yang ingin membuka partisi sobat jika sewaktu-waktu ada teman yang meminjam laptop sobat. Fungsi BitLocker ini hanya untuk mengenkripsi/mengunci partisi harddisk saja, sehingga tidak akan mengurangi space harddisk. Dan juga data yang di dalam hardisk tidak akan hilang karena BitLocker hanya mengenkripsi data. Untuk menggunakan fitur BitLocker ini sebenarnya tidaklah sulit. Berikut ini aku berikan langkah-langkah mengaktifkan BitLocker :

Langkah Pertama yaitu membuka Windows Explorer. Kemudian klik kanan pada partisi yang akan sobat enkripsi. Setelah itu pilih Turn on BitLocker.

Mengaktifkan Menu Enkripsi
Gambar 1. Mengaktifkan Menu Enkripsi

Langkah Kedua yaitu Centang radiobutton pada opsi Use a password to unlock the drive, kemudian ketikkan kata sandi yang sobat inginkan. Jika sudah klik Next.

Memasukan Kata Sandi
Gambar 2. Memasukan Kata Sandi

Langkah Ketiga yaitu pilih Save the recovery key to a file untuk menyimpan kata sandi pemulihan di komputer sobat atau sobat juga bisa menyimpannya pada Flashdisk.

Menyimpan Kata Sandi Pemulihan
Gambar 3. Menyimpan Kata Sandi Pemulihan

Langkah Keempat yaitu menyimpan Recovery Key ke tempat yang sobat rasa aman. Recovery key ini berfungsi sebagai Recovery/pemulihan jika sobat lupa kata sandi untuk membuka partisi yang telah sobat enkripsi.

Menyimpan Recovery Key
Gambar 4. Menyimpan Recovery Key

Jika muncul peringatan pilih saja Yes.

Peringatan Enkripsi
Gambar 5. Peringatan Enkripsi

Langkah Kelima yaitu Klik Start Encrypting untuk memulai proses enkripsi pada partisi yang akan sobat enkripsi.
Memulai Enkripsi
Gambar 6. Memulai Enkripsi

Tunggu hingga proses enkripsi selesai 100%. Proses ini sedikit memakan waktu, itu pun tergantung dari jumlah file pada partisi yang akan dienkripsi dan juga tergantung pada kecepatan processor komputer sobat.

Proses Enkripsi
Gambar 7. Proses Enkripsi

Jika proses enkripsi telah selesai langkah selanjutnya adalah melakukan Restart komputer. Setelah dilakukan restart maka sobat akan melihat icon partisi dengan gambar kunci yang menandakan bahwa partisi sobat terenkripsi. Pada saat partisi tersebut di buka akan muncul kotak dialog untuk memasukan kata sandi BitLocker. Silakan masukkan kata sandi yang sebelumnya sobat atur, kemudian klik Unlock.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat. Silakan tulis pertanyaan seputar artikel yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan artikel menarik terbaru lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »