Mengenal Aplikasi FreeMat - Aplikasi Alternatif MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah materi baru, yaitu mengenai aplikasi FreeMat. Aplikasi FreeMath sendiri merupakan aplikasi alternatif MATLAB yang gratis sehingga cukup terkenal di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa Teknik. Untuk ulasan lengkapnya simak pembahasan berikut...

Mengenal Aplikasi FreeMat

FreeMat merupakan salah satu aplikasi matematis yang sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematis seperti Aljabar, Geometri, Trigonometri, dan kalkulus. Freemat ini merupakan aplikasi yang bersifat opensource sehingga dapat diunduh secara gratis tanpa mengurangi fungsi dari aplikasinya. Freemat ini merupakan aplikasi yang banyak digunakan sebagai alternatif dari MATLAB. MATLAB sendiri merupakan aplikasi berbayar sehingga kita harus membeli terlebih dahulu untuk mendapatkan versi lengkapnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai MATLAB sobat bisa buka di situs www.mathwork.com. Kelebihan lain dari FreeMat adalah tidak memakan banyak ruang atau space pada memori sehingga program tidak akan terasa berat saat dijalankan. Pada dasarnya FreeMat mempunyai banyak syntax yang bentuknya hampir mirip dengan MATLAB. Misalnya syntax "clc" pada command window FreeMat fungsinya sama dengan syntax "clc" pada command window MATLAB, yaitu berfungsi untuk membersihkan tampilan command window.

Freemat sendiri bisa di instal pada 3 tipe sistem operasi, yakni Windows, Linux, dan MacOSX. Kekurangan dari Freemat sendiri yaitu FreeMat hanya bisa digunakan sampai operasi kompleks dan matrik. Untuk operasi yang berhubungan dengan fungsi grafis maka FreeMat kalah jauh dengan MATLAB. Untuk instalasi aplikasi FreeMat pada sistem operasi Windows kita hanya perlu mengunduh aplikasinya di situs resminya langsung yang bisa sobat akses di www.freemat.sourceforge.net. Sedangkan bagi sobat yang menggunakan sistem operasi linux, sobat bisa menuliskan perintah dibawah ini pada terminal Linux:
sudo apt-get install freemat
Berikut ini merupakan tampilan aplikasi FreeMat pada saat pertama kali dibuka:

Mengenal Aplikasi FreeMat
 Gambar 1. Tampilan Aplikasi FreeMath

Keterangan:

1. Menu Bar : Merupakan menu utama yang di dalamnya terdapat sub-menu yang lebih lengkap.
2. Tools Bar : Merupakan kumpulan shortcut untuk mengakses suatu perintah.
3. File Browser : Merupakan direktori tempat kita menyimpan file FreeMat.
4. History : Didalamnya terdapat kumpulan perintah yang sebelumnya kita masukan yang bisa kita panggil kembali.
5. Variabel : Merupakan kumpulan variabel yang telah dimasukan user.
6. Debug : Merupakan kesalahan yang terjadi saat user memasukan suatu perintah. Saat user salah memasukan perintah, maka peringatannya akan muncul pada tab debug.

Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »