Syntax Dasar Bahasa C

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah materi mengenai syntax dasar bahasa C. Sebelum masuk ke artikel utama, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang syntax. Apa sih syntax itu?, syntax adalah sebuah aturan penulisan dalam bahasa pemrograman seperti deklarasi variabel, cara penerapan fungsi dan aturan lainnya. Nah, pada artikel yang saya tulis kali ini akan menjelaskan tentang syntax dasar yang ada pada bahasa pemrograman C. Untuk lebih jelasnya sobat langsung saja simak ulasan berikut...

Syntax Dasar Bahasa C

A. Token

Token adalah elemen terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler. Yang termasuk dalam token yaitu identifier, keywords, operators, string, konstanta, dan simbol spesial. Token yang satu dengan token yang lainnya dipisahkan dengan satu atau lebih spasi, tab, baris baru, atau komentar.
No Tipe token Contoh 1 Contoh 2
1 identifier nim_siswa nama_siswa
2 keywords do while
3 operator * /
4 string "Hello" "World!"
5 konstanta sum 3.14
6 simbol spesial @ &

Contoh:
int main(){
printf("Hello, World! \n");
}

Keterangan:
- identifier => main, printf- keywords => int
- String => "Hello, World! \n"
- Simbol spesial => (), {}

B. Identifier

Identifier adalah sebuah nama pengenal yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah variabel, fungsi, tipe data, atau item yang ditetapkan oleh si pemrogram. Sebuah identifier diawali dengan huruf A-Z, a-z, atau sebuah garis bawah (underscore) yang diikuti oleh nol atau lebih huruf, garis bawah, dan angka (0-9). Dalam bahasa C ini tidak memungkinkan karakter tanda baca seperti @, $, dan % dalam pengidentifkasian. C adalah bahasa pemrograman yang sangat sensitif (case-sensitive), misal kata "Hello" dan "hello" adalah dua identifier yang berbeda.

Contoh :
- nama- nama_pengguna
- pontopoin1
- _id
- NoMahasiswa

C. Keywords

Keywords merupakan kata-kata yang digunakan oleh compiler yang mempunyai kegunaan tertentu. Keywords berjumlah 32 buah yang ada pada bahasa C yang merupakan standar dari ANSI. Semua kata-kata kunci tersebut tidak boleh digunakan untuk nama pengenal (identifier name), seperti nama variabel, konstanta, atau nama pengenal lainnya.
auto else long switch
break enum register typedef
case extern return union
char float short unsigned
const for signed void
continue goto sizeof volatile
default if static while
do int struct _Packed
double

D. Semicolons

Dalam bahasa C, Semicolons (titik koma) adalah terminator pernyataan. Artinya, setiap pernyataan individu harus diakhiri dengan semicolons.

Contoh :
printf("Hello, World! \n");return 0;

E. Komentar

Komentar berfungsi untuk menjelaskan suatu hal tetang program yang kita buat.  Misalnya pada baris perintah tertentu kita membuat komentar untuk menjelaskan kegunaan dari baris perintah yang kita buat tersebut. Komentar yang kita buat tidak akan berpengaruh sama sekali pada saat kita mengeksekusi program karena compiler mengabaikan semua komentar yang ada. Ada 2 jenis komentar dalam bahasa C, yaitu:

1. Komentar "//"
Komentar ini digunakan untuk sebuah komentar yang hanya terdiri dari 1 baris saja.

Contoh :
//Ini adalh komentar 1 baris

2. Komentar "/* */"
Komentar ini digunakan untuk sebuah komentar yang terdiri lebih dari 1 baris.

Contoh :
/*
ini adalah komentar lebih dari 1 baris
ini adalah komentar lebih dari 1 baris
*/

F. Whitespace

Whitespace adalah istilah yang digunakan dalam bahasa C untuk mendeskripsikan sebuah baris yang kosong, sebuah tab, baris baru dan sebuah komentar. Whitespace mempunyai fungsi sebagai spasi antara kata-kata atau baris-baris. Setiap konstanta dan identifier selalu dipisahkan oleh karakter-karakter ini.

Contoh 1:
int id_mahasiswa;

Keterangan 1:
Pada contoh 1 diatas terdapat spasi (whitespace) antara int dan id_mahasiswa, ini digunakan  agar compiler dapat membedakan fungsi tersebut.

Contoh 2:
total_nilai = nilai_akademik + nilai_produktif; //menghitung total nilai mahasiswa

Keterangan 2:
Pada contoh 2 diatas, kita tidak diwajibkan menggunakan whitespace antara total_nilai dan =, antara = dan nilai_akademik, antara nilai_akademik dan + atau antara + dan nilai_produktif. Tetapi sebaiknya kita memisahkan script tersebut menggunakan whitespace agar script yang kita buat mudah dibaca.

Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »