Operator Pada Bahasa C

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah materi tentang operator pada bahasa C. Operator adalah simbol atau karakter yang digunakan oleh program untuk melakukan sebuah operasi dalam sebuah proses program seperti operasi bilangan dan operasi string. Bahasa C mengenal penggunaan beberapa operator dengan fungsi yang berbeda-beda. Setiap operator pada bahasa C memiliki kedudukan atau hirarki saat penanganan program. Operator dengan hirarki / kedudukan lebih tinggi akan dikerjakan lebih dahulu dibandingkan operator dengan hirarki lebih rendah. Pada pemrograman bahasa C ada 6 jenis operator yaitu operator arithmetic, relational, logical, bitwise, assignment, misc. Untuk mengetahui lebih jauh keenam jenis operator tersebut silahkan sobat simak ulasan berikut...

Operator Pada Bahasa C
 

1. Operator Arithmetic

Operator Arithmetic (aritmatika) adalah operator yang digunakan untuk operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, increment dan decrement. Operator aritmatika bisa digunakan pada semua tipe bilangan seperti tipe char, int, long int dan tipe bilangan float. Operator aritmatika juga bisa menangani tipe signed dan unsigned. Increment adalah operasi bilangan dimana bilangan hasil merupakan bilangan asal ditambah satu, sedangkan decrement adalah operasi bilangan dimana bilangan hasil merupakan bilangan asal dikurang satu.

Tabel 1. Operator Arithmetic
Operator Nama Contoh
+ Penjumlahan x + y
- Pengurangan x - y
* Perkalian x * y
/ Pembagian x / y
% Modulus x % y
++ Increment x++
-- Decrement x--

2. Operator Relation

Operator Relation adalah operator yang digunakan untuk membandingkan nilai dua buah variabel. Nilai yang dibandingkan bisa berupa angka maupun string. Hasil dari perbandingan tersebut bisa berupa nilai boolean, yaitu true (benar) atau false (salah).

Table 2. Operator Relation
Operator Nama Contoh
== Sama dengan a == b
!= Tidak sama dengan a != b
> Lebih besar a > b
< Lebih kecil a < b
>= Lebih besar atau sama dengan a >= b
<= Lebih kecil atau sama dengan a <= b

3. Operator Logical

Operator Logical adalah operator yang digunakan untuk menangani tipe data boolean. Nilai data boolean bisa berupa kondisi benar (true) atau salah (false) dan juga bisa bernilai 1 atau 0.

Tabel 3. Operator Logical
Operator Nama Contoh
&& And a && b
|| Or a || b
! Not !a

4. Operator Bitwise

Operator Bitwise adalah operator yang menangani operasi bilangan biner seperti and, or, not dan sebagainya. Operator bitwise ini akan menangani data sesuai dengan tipenya. Misalnya sebuah data bertipe char atau byte maka bilangan yang dihasilkan adalah sebesar 8 bit.

Tabel 4. Operator Bitwise
Operator Nama Contoh Dalam biner (4bit) Hasil Biner Hasil Desimal
& AND 5 & 1 0101 & 0001 0001 1
| OR 5 | 1 0101 | 0001 0101 5
~ NOT ~5 ~0101 1010 10
^ XOR 5 ^ 1 0101 ^ 0001 0100 4
<< Left shift 5 << 1 0101 << 0001 1010 10
>> Right shift 5 >> 1 0101 >> 0001 0010 2

5. Operator Assignment

Operator Assignment adalah operator yang digunakan untuk memberi nilai pada sebuah variabel. Operator assignment yang paling dasar adalah sama dengan ( = ). Dari operator ini dapat dikembangkan beberapa operator assignment lain seperti +=, -= dan sebagainya.

Tabel 5. Operator Assignment
Operator Assignment Sama dengan
= x = y x = y
+= x += y x = x + y
-= x -= y x = x - y
*= x *= y x = x * y
/= x /= y x = x / y
%= x %= y x = x % y
<<= x <<= y x = x << y
>>= x >>= x = x >> y
&= x &= x = x & y
|= x |= y x = x | y
^= x ^= y x = x ^ y

6. Operator Misc

Operator Misc adalah operator tambahan yang sering dipakai terutama pada pemrograman array misalnya operator sizeof dan pointer ( * ).

Tabel 6. Operator Misc
Operator Keterangan Contoh
sizeof() Menghasilkan ukuran (size) dari variabel sizeof(a)
& Mengembalikan alamat (address) dari variabel &a
* Pointer ke sebuah variabel *a
?: Operator kondisi b = (a == 1)?20:30;
Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »