Membuat Dan Membaca File Excel Dengan MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada pembahasan kali ini kita akan belajar tentang Cara Membuat dan Membaca File Excel Dengan MATLAB. Pada dasarnya kita bisa membuat dan membaca File Excel dari MATLAB dengan mudah untuk berbagai keperluan. Untuk ulasan lengkapnya simak pembahasan berikut...

Membuat Dan Membaca File Excel Dengan MATLAB

Kita bisa memanggil dan membaca sebuah File Excel atau file dengan ekstensi .xls dari MATLAB. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah file Excel dengan MATLAB melalui Command Window. Misal kita beri nama Contoh.xlsx dengan menggunakan perintah berikut:
values = {1, 1, 1 ; 2, 2, 2; 3, 3, 3};
headers = {'Pertama','Kedua','Ketiga'};
xlswrite('Contoh.xlsx',[headers; values]);
Setelah itu kita Enter maka akan menghasilkan sebuah file baru bernama "Contoh.xlsx" yang bisa dilihat di Direktori "Current Folder". Itu artinya kita telah membuat file berekstensi Excel. Untuk membuka dan memanggil file tersebut kita bisa menggunakan perintah berikut pada Command Window:
filename = 'Contoh.xlsx';
A = xlsread(filename)
Setelah kita mendapatkan data dari dokumen Ms. Excel, selanjutnya kita dapat mengolah data dari Ms. Excel yang telah kita baca sebelumnya dengan menggunakan perintah-perintah yang telah tersedia pada MATLAB.

Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »