Mengenal Bahasa HTML

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada artikel kali ini saya akan membahas materi baru yaitu tentang bahasa pemrograman HTML(HyperText Markup Language). Bahasa HTML sering disebut sebagai bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website atau blog. HTML juga memiliki arti yang sangat penting dalam desain sebuah website karena merupakan pembentuk struktur dalam website, baik itu berupa grafis, huruf, warna, tampilan latar belakang, kerangka halaman dan elemen-elemen lainnya dalam sebuah halaman website statis maupun dinamis. Untuk lebih jelasnya tentang bahasa pemrograman HTML, yuk simak ulasan berikut...

Mengenal Bahasa HTML

A. Pengertian HTML

HyperText Markup Language atau yang sering kita kenal sebagai HTML merupakan sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas berformatkan ASCII agar menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

B. Sejarah Singkat HTML

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN(Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya diakhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN.

Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut "Tanda HTML", pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN.

C. Struktur HTML Dasar

Untuk menjadi seorang web developer setidaknya kita harus mengerti dan mengetahui contoh dan struktur dari bahasa HTML tersebut. Berikut adalah contoh struktur HTML dasar:
<html>
<head>
<title>Hello World!</title>
</head>
<body>
Selamat datang di website sederhana saya ini.
</body>
</html>

Kode diatas kita bisa ketik menggunakan editor notepad atau software editor lainnya yang mendukung bahasa HTML. Setelah itu kita simpan kode tersebut menjadi sebuah file dengan format .html (contoh: index.html), kemudian kita bisa menjalankan kode tersebut dengan cara mebuka file yang berformatkan .html tadi dengan menggunakan web browser seperti firefox, chrome, dll.

D. Tag Dasar Pada Bahasa HTML

Tag adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">" (tanpa tanda kutip) yang merupakan cara memberitahu web browser bagaimana suatu text ditampilkan. Berikut adalah tabel tag dasar pada bahasa HTML:
Tag Keterangan
<!DOCTYPE> Mendefinisikan informasi tipe dokumen
<html> Mendefinisikan root dari suatu dokumen HTML
<head> Untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut
<title> Membuat judul untuk dokumen HTML
<body> Mendefinisikan isi dokumen HTML, juga berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan di web browser
<h1> sampai <h6> Untuk menunjukan awal dari suatu header/judul dari dokumen HTML tersebut
<p> Membuat sebuah paragraf

Tag-tag diatas merupakan tag dasar pada bahasa HTML, untuk tag-tag yang lain serta penjelasan lebih lengkapnya akan saya bahas di artikel berikutnya.

Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »