Penggunaan Matrik Pada FreeMat

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai FreeMat. Pembahasan kali ini akan kita mulai dari pembahasan tentang penggunaan matrik pada FreeMat. Apakah penggunaan matrik pada FreeMat sama dengan MATLAB? Untuk ulasan lengkapnya simak pembahasan berikut...

Penggunaan Matrik Pada FreeMat

Sama seperti pada MATLAB, FreeMat juga menyediakan tipe data matrik. Matrik akan disimpan dalam array dua dimensi yang mempunyai baris dan kolom. Penulisan umum dari matrik adalah sebagai berikut:
A= [baris1; baris2;...,barisN]
Dimana untuk setiap baris dapat diisi lebih dari satu elemen dengan format penulisan sebagai berikut:
baris1= elemen1, elemen2,..., elemenN
Setiap elemen pada matrik dapat bernilai skalar atau bernilai matrik. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah kolom dan baris dalam satu matrik yang ditampung dalam suatu variabel harus berjumlah sama (misal: matrik dengan 3 kolom dan 3 baris). Jika matrik yang kita buat mempunyai jumlah kolom dan baris yang berbeda maka output yang akan kita hasilkan tidak akan menghasilkan matrik. Berikut ini contoh penggunaan matrik sederhana yang elemennya bernilai integer:
--> A = [1,2;3,4]
A=
    1   2  
    3   4  
Salah satu kelebihan FreeMat adalah kita dapat membuat matrik baru dengan menambahkan kolom baru ke dalam matrik A yang telah kita buat sebelumnya. Misalkan kita akan membuat matrik baru dengan tipe data float, yang kita beri nama matrik B dengan menambahkan kolom pada matrik A. Perhatikan contoh berikut:
--> B = [A,[3.2f;5.1f]]
B =
    1.0000    2.0000    3.2000
    3.0000    4.0000    5.1000
Selain membuat matrik bertipe data integer dan float kita juga bisa membuat matrik dengan tipe data string. Perhatikan contoh berikut
--> R= ['hello' ; 'poinreaders']
R=
    hello
    poinreaders
Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.     

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »