Membuat Custome Cropping dengan Fungsi ROI pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas tentang Pengolahan Citra dengan menggunakan MATLAB. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya. Yaitu lanjutan tentang pembahasan Proses Cropping pada MATLAB. Untuk ulasan lengkapnya yuk simak ulasan berikut...

Membuat Custome Cropping dengan Fungsi ROI pada MATLAB

Salah satu kelemahan melakukan pemotongan atau cropping menggunakan fungsi imcrop adalah cropping yang kita lakukan hanya dapat menyeleksi bentuk rectangular (persegi panjang) sehingga sulit untuk dapat melakukan cropping pada area yang tidak beraturan. Namun sobat tidak perlu khawatir karena MATLAB menyediakan banyak fungsi untuk melakukan pemotongan manual pada area yang kita inginkan (custome cropping). Salah satu fungsi yang dapat sobat gunakan adalah fungsi ROI. ROI sendiri merupakan singkatan dari Region of Interest. Dengan menggunakan fungsi ini kita dapat melakukan cropping pada area yang kita inginkan. Penentuan pemotongan gambar dengan ROI diambil dengan menggunakan representsi nilai (I, c, r) dimana I adalah matrik gambar, c adalah matrik titik kolom daerah yang menjadi ROI dan r adalah matrik titik baris daerah yang menjadi ROI. Langkah-langkah untuk melakukan cropping dengan menggunakan fungsi ROI pada MATLAB adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama yaitu memasukan file gambar atau image yang akan kita olah dengan menggunakan syntak :
I = imread ( 'C:\Users\USER\Documents\deer.jpg' );
Syntak berwarna merah diatas merupakan File Location dari gambar yang akan kita olah. Sobat bisa menggantinya dengan File Location dari gambar yang akan sobat olah.

Langkah Kedua yaitu menentukan matrik titik kolom daerah yang menjadi ROI dengan menggunakan syntak :
c = [20 10 70 30];
Angka yang berwarna merah diatas menunjukan titik kolom mana saja yang akan kita seleksi. Jumlah angkanya sendiri menyesuaikan dengan jumlah titik kolom yang kita inginkan.

Langkah Ketiga yaitu menentukan matrik titik baris daerah yang menjadi ROI dengan menggunakan syntak :
r = [50 20 40 80];
Angka yang berwarna merah diatas menunjukan titik baris mana saya yang akan kita seleksi. Jumlah angkanya sendiri menyesuaikan dengan jumlah titik baris yang kita inginkan.

Langkah Keempat yaitu membuat objek ROI berdasarkan parameter yang telah kita masukan sebelumnya dengan menggunakan syntak :
bw = roipoly(I,c,r);
Langkah Terakhir yaitu menampilkan objek sebelum dan sesudah proses cropping ROI dengan menggunakan syntak :
subplot(1,2,1);
imshow(I);
title('Sebelum Cropping ROI');
subplot(1,2,2);
imshow(bw)
title('Sesudah Cropping ROI');
Berikut ini output yang dihasilkan dari program diatas :
Output Cropping dengan ROI
Gambar 1. Output Cropping dengan ROI

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »