Type Casting Bahasa C

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar materi mengenai Bahasa C, yaitu tentang Type Casting pada bahasa pemrograman C. Yuk langsung saja simak ulasan berikut...

Type Casting Bahasa C

Type Casting adalah cara untuk mengkonversi variabel dari satu tipe data ke tipe data lainnya. Kita juga dapat mengkonversi nilai-nilai dari satu jenis ke jenis yang lain secara eksplisit menggunakan operator cast "( )".

Format Penulisan:
(tipe_data) ekspresi

Contoh Penulisan:
#include <stdio.h>

main() {

   int nilai_a = 50, nilai_b = 40;
   double hasil;

   hasil = (double) nilai_a / nilai_b;
   printf("Hasil : %f\n", hasil );

   getch();
}

Output :
Type Casting
Gambar 1. Type Casting

Perlu dicatat bahwa operator cast dilakukan terlebih dahulu sebelum operator pembagian, sehingga nilai_a pertama dikonversi ke tipe double kemudian dibagi dengan nilai_b.

Konversi tipe data secara implisit dapat dilakukan oleh compiler secara otomatis, atau dapat kita tentukan secara eksplisit dengan menggunakan operator cast. Hal ini lebih bagus dalam sebuah pemrograman untuk menggunakan operator cast setiap kali kita akan mengkonversi tipe data yang diperlukan.


INTEGER PROMOTION

Integer Promotion (promosi bilangan bulat) adalah proses dimana nilai dari tipe data integer lebih kecil dari tipe int atau unsigned int akan dikonversikan ke tipe int ataupun ke unsigned int.

Contoh Penulisan:
#include <stdio.h>

main() {

   int  nilai_a = 50;
   char nilai_b = 'b'; /* nilai ascii dari b adalah 98 */
   int hasil;

   hasil = nilai_a + nilai_b;
   printf("Hasil : %d\n", hasil);

   getch();

}

Output : 
Integer Promotion
Gambar 2. Integer Promotion

Di sini hasilnya adalah 148 karena compiler melakukan promosi bilangan bulat dengan mengkonversi nilai 'b' ke ASCII sebelum melakukan operasi penjumlahan.


USUAL ARITHMETIC CONVERSION

Usual Arithmetic Conversion (Konversi aritmatika biasa) secara implisit dilakukan untuk meng-casting nilai-nilai pada sebuah tipe data yang umum digunakan. Usual Arithmetic Conversion tidak dilakukan untuk operator assignment (penugasan), dan juga tidak untuk operator logika && dan ||.

Contoh Penulisan:
#include <stdio.h>

main() {

   int  nilai_a = 50;
   char nilai_b = 'b'; /* nilai ascii dari b adalah 98 */
   float hasil;

   hasil = nilai_a + nilai_b;
   printf("Hasil : %f\n", hasil);

   getch();
}

Output :
Usual Arithmetic Conversion
Gambar 3. Usual Arithmetic Conversion

Di sini nilai_b akan dikonversi ke tipe integer, kemudian compiler mengubah nilai_a dan nilai_b menjadi bertipe float dan menghasilkan nilai yang bertipe float juga.


Semoga materi yang saya sampaikan tentang Bahasa C kali ini dapat dipahami sobat poinreaders. Silahkan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang bahasa pemrograman lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »