Aplikasi Video Chat Dan Remote Desktop Untuk TeleConferencing

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada pembahasan kali ini kita akan membahas aplikasi unik yang digunakan untuk melakukan Video Chat yang digunakan untuk berbagai kepentingan yang tentu saja membutuhkan koneksi internet. Yuk simak ulasan lengkapnya...

Aplikasi Video Chat Dan Remote Desktop Untuk TeleConferencing

Zoom merupakan aplikasi video chat yang sering digunakan untuk melakukan TeleConferencing atau pertemuan jarak jauh melalui internet. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh atau istilah kerennya Remote Desktop. Salah satu keunggulan Zoom adalah simpel dan mudah digunakan, serta tidak terlalu banyak memakan resource memory jika dijalankan di komputer. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk guru, dosen, dan pekerjaan lain yang keperluan teleconferencing. Aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan orang di dunia sehingga sobat tidak perlu meragukan performansinya Selain itu aplikasi ini bersifat gratis atau freeware sehingga dapat diunduh langsung di situs resminya. Untuk mengunduh aplikasi ini sobat bisa mengunduhnya DISINI

Langkah pertama yang dilakukan untuk melakukan video chat dengan Zoom adalah melakukan instalasi Zoom dengan mengunduh aplikasinya pada situs resmi yang saya sebutkan diatas. Saya sarankan agar sobat mengunduh Zoom pada situs resminya langsung. 

Setelah melakukan instalasi langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Zoom. Berikut ini tampilan saat pertama kali membuka Zoom :

Tampilan Zoom saat pertama dibuka
Gambar 1. Tampilan Zoom saat pertama dibuka

Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi dengan cara mengklik Sign In untuk memunculkan pilihan Sign Up. Setelah itu sobat bisa mengklik Sign Up untuk melakukan registrasi.

Tampilan Sign Up pada Zoom
Gambar 2. Tampilan Sign Up pada Zoom

Kemudian sobat akan diarahkan pada situs resmi Zoom untuk melakukan proses registrasi. Pastikan komputer sobat terhubung dengan internet.

Tampilan Registrasi Zoom
Gambar 3. Tampilan Registrasi Zoom

Langkah selanjutnya adalah memasukan alamat email sobat dihalaman utama situs Zoom. Kemudian akan muncul halaman Term of Service, klik saja Sign Up

Term of Service Zoom
Gambar 4. Term of Service Zoom

Kemudian sobat akan mendapatkan email pemeritahuan aktivasi akun pada email yang sobat daftarkan tadi.

Gambar 5. Aktivasi Akun Zoom

Jika sudah melakukan verifikasi akun langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Zoom kemudian masukan alamat email dan password pada kotak Sign In yang telah disediakan. Kemudian sobat akan diarahkan langsung ke menu utama Zoom. Pada tahap ini sobat sudah bisa melakukan video chat dan menggunakan berbagai fitur pada aplikasi Zoom. Berikut ini fitur yang ada pada aplikasi Zoom :
Fitur pada Zoom
Gambar 6. Fitur pada Zoom

1. Start with video
Fitur ini digunakan untuk membuat video chat dengan room khusus yang sobat buat atau bisa juga join atau bergabung dengan room yang sobat inginkan. Jika ingin bergabung dengan room orang lain, sobat harus mengetahui Meeting ID dari room tersebut. Jika sobat memilih fitur ini maka sobat dapat melakukan video chat disertai dengan fasilitas webcam sehingga sobat bisa langsung bertatap muka dengan member lain yang berada di room yang sama.

2. Start without video
Fitur ini sama dengan fitur sebelumnya, hanya saja fitur ini tidak dilengkapi dengan fasilitas webcam.
 
3. Join
Fitur ini digunakan jika sobat ingin bergabung dengan room yang telah dibuat orang lain. Syarat utama agar sobat bisa terhubung dengan room tersebut adalah sobat harus mengetahui Meeting ID room tersebut. 

4. Schedule
Fitur ini digunakan untuk membuat jadwal mengenai kapan video chat dengan room yang sobat buat akan dimulai.

5. Share Screen
Fitur ini digunakan untuk membagikan tampilan atau desktop komputer kita dengan orang lain.

6. Meetings 
Fitur ini digunakan untuk melihat Personal Meeting ID pada saat sobat akan membuat room yang akan sobat bagikan dengan orang lain.

7. Contact
Fitur ini digunakan untuk melihat daftar kontak yang sebelumnya sobat masukan atau untuk melihat kontak terakhir yang sobat hubungi. 

8. Chat
Sesuai dengan namanya, fitur ini digunakan untuk melakukan percakapan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat. Silakan tulis pertanyaan seputar artikel yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan artikel menarik terbaru lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »