Cara Merawat Hardisk Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk merawat hardisk agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan. Yuk simak ulasan lengkapnya...

Cara Merawat Hardisk Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Saat menggunakan komputer kita biasanya sering melakukan pasang-copot program sehingga menyebabkan isi hardisk kita tidak beraturan. Selain itu menghapus dan memindahkan file juga dapat menyebabkan isi hardisk kita tidak beraturan. Untuk itu kita perlu melakukan proses defragment terhadap hardisk kita agar lebih awet dan performansinya menjadi lebih bagus. Defragment merupakan suatu proses untuk menyusun ulang kembali file yang terdapat pada hardisk kita. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan defragment adalah Auslogics Disk Defrag. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah gratis, mudah digunakan, mempunyi user interface yang simpel dan mempunyai performansi yang baik. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan defragment pada hardisk dengan Auslogics Disk Defrag:

Langkah pertama yaitu mengunduh aplikasi Auslogics Disk Defrag pada situs resminya langsung DISINI

Setelah sobat mengunduh aplikasinya, sobat tinggal menginstalnya seperti melakukan instalasi biasa.

Setelah proses instalasi selesai sobat bisa membuka aplikasinya kemudian sobat bisa memilih partisi mana saja yang ingin sobat defragment. Sebelum melakukan proses defragment, kita harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap partisi tersebut agar kita tahu kerusakannya dan pada bagian mana saja isi hardisk kita yang harus disusun ulang dengan cara mengklik Analyze

Menganalisa kerusakan pada hardisk
Gambar 1. Menganalisa kerusakan pada hardisk

Tunggu hingga proses analisanya selesai
Proses analisa kerusakan hardisk
 Gambar 2. Proses analisa kerusakan hardisk

Setelah proses analisanya selesai, selanjutnya pilih Defrag

Melakukan defragment pada hardisk
 Gambar 3. Melakukan defragment pada hardisk

Tunggu hingga proses defragment-nya selesai. Lamanya proses defragment ini tergantung dari seberapa banyak kerusakan yang harus diperbaiki dan apa saja isi hardisk yang harus disusun ulang.

Proses defragment pada hardisk
 Gambar 4. Proses defragment pada hardisk

Hasil proses defragment

Hasil proses defragment pada hardisk
 Gambar 5. Hasil proses defragment pada hardisk
 
Jika prosesnya sudah selesai maka akan tampil jenis kerusakan dan file apa saja yang telah diperbaiki atau disusun ulang. Pada tahap ini proses defragment pada hardisk sudah selesai. Selanjutnya sobat bisa me-restart komputer sobat.

Proses defragment ini sebaiknya dilakukan secara rutin minimal satu bulan sekali untuk merawat performansi komputer sobat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat. Silakan tulis pertanyaan seputar artikel yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan artikel menarik terbaru lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »