Cek Grammar Bahasa Inggris Gratis

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang aplikasi online yang digunakan untuk mengecek Grammar atau Grammar Checker secara gratis. Yuk simak ulasan lengkapnya...

Cek Grammar Bahasa Inggris Gratis

Saat menulis kalimat dalam Bahasa Inggris salah satu parameter yang menentukan apakah kalimat itu sesuai dengan Kaidah Bahasa Inggris yang benar atau tidak adalah dalam penggunaan Grammar. Grammar adalah ilmu yang mempelajari tentang penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris secara tepat dan sesuai dengan penggunaannya. Dalam English Grammar dikenal delapan jenis kata sebagai unsur pembentuk kalimat yaitu:
               1. Noun (Kata Benda) 
               2. Adjective (Kata Sifat)
               3. Verb (Kata Kerja)
               4. Pronoun (Kata Ganti)
               5. Adverb (Kata Keterangan)
               6. Preposition (Kata Depan)
               7. Conjunction (Kata Penghubung)
               8. Interjection (Kata Seru)
Kedelapan jenis kata ini harus digunakan secara tepat di dalam kalimat Bahasa Inggris agar kalimat yang disusun memiliki maksud atau arti yang jelas. 

Jika sobat bingung untuk mempelajari English Grammar satu per satu, sobat bisa memanfaatkan salah satu aplikasi Grammar Checker Online yang dapat diakses secara gratis. Salah satu aplikasi Grammar Checker Online terbaik yang bisa sobat akses adalah Reverso. Untuk menggunakan aplikasi online ini sobat bisa mengakses situs Reverso.

1. Tampilan awal saat membuka Reverso
Tampilan awal saat membuka Reverso
Gambar 1. Tampilan awal saat membuka Reverso

2. Untuk mengecek Grammar sobat bisa langsung menuliskan kalimat yang ingin sobat cek pada kotak checker yang telah disediakan. Disini saya akan mencoba menuliskan kalimat dalam Bahasa Inggris yang penulisan Grammar-nya salah.
Mulai Menuliskan kalimat dalam Bahasa Inggris
Gambar 2. Mulai Menuliskan kalimat dalam Bahasa Inggris

3. Setelah sobat menuliskan kalimat yang ingin di cek, sobat bisa langsung menekan tombol check. Berikut ini adalah hasil dari Grammar Checker :
Hasil dari Grammar Checker
Gambar 3. Hasil dari Grammar Checker

Keterangan :
take =>  Kata yang dikoreksi secara otomatis dengan satu atau lebih alternatif.
take => Kata yang terdeteksi salah dimana setidaknya mempunyai satu alternatif koreksi. Sobat bisa meng-klik-nya untuk mengaktifkan koreksi.
?       => Tanda tanya digunakan untuk memeriksa ulang dan mengkonfirmasi koreksi.
take  =>  Kata asing yang tidak ada saran koreksinya.
take  =>  Kata yang ditampilkan setelah ada saran untuk dilakukan koreksi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat. Silakan tulis pertanyaan seputar artikel yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan artikel menarik terbaru lainnya.

Bagi kamu yang sedang mencari Jasa SEO dari Ahli SEO dan Master SEO untuk meningkatkan trafik dan peringkat SERP web kamu pada search engine, maka kamu bisa juga menggunakan jasa Pointopoin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »