Mensimulasikan Modulasi BPSK Menggunakan Simulink Pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas tentang Pengolahan Sinyal Pada MATLAB. Pada tulisan ini kita akan belajar tentang cara untuk mensimulasikan Modulasi BPSK menggunakan Simulink pada MATLAB. Untuk ulasan lengkapnya simak ulasan berikut...
Mensimulasikan Modulasi BPSK Menggunakan Simulink Pada MATLAB

Modulasi BPSK atau Binary Phase Shift Keying merupakan modulasi yang menyatakan pengiriman sinyal digital berdasarkan pergeseran fasa. Biner 0 diwakilkan dengan mengirim suatu sinyal dengan fasa yang sama terhadap sinyal yang dikirim sebelumnya dan Biner 1 diwakilkan dengan mengirim suatu sinyal dengan fasa berlawanan dengan sinyal yang dikirim sebelumnya. Pada Modulasi BPSK, fasa dari frekuensi pembawa diubah-ubah antara dua nilai yang menyatakan keadaan biner 1 dan 0. Dalam hal ini fasa dari frekuensi pembawa yang satu dengan yang lain berbeda sebesar 180 derajat, sehingga dalam hal ini pensinyalan pada BPSK sering kali disebut dengan Modulasi PRK (Phasa Reversal Keying).  Berikut ini cara untuk mensimulasikan Modulasi BPSK dengan menggunakan Simulink pada MATLAB :

Langkah Pertama yaitu membuka MATLAB kemudian buka Simulink dengan cara memilih menu New => Simulink Model karena kita akan membuat simulasi baru. Atau sobat juga bisa menggunakan cara cepat dengan menulis "Simulink" pada Command Windows MATLAB.

Membuka Simulink
Gambar 1. Membuka Simulink

Langkah Kedua yaitu mengklik Simulink toolbox untuk menampilkan toolbox yang terdapat pada Simulink. Toolbox ini berisi setiap komponen yang kita butuhkan untuk melakukan berbagai simulasi, mulai dari pengolahan sinyal, pengolahan citra, sampai pengolahan biomedic.
Simulink Toolbox
Gambar 2. Simulink Toolbox

Memasukan Toolbox
Gambar 3. Memasukan Toolbox

Langkah Ketiga yaitu memasukan setiap komponen yang dibutuhkan untuk membuat blok diagram modulasi BPSK yang akan kita buat. Caranya dengan menulis setiap komponen yang kita butuhkan pada Kotak Pencarian seperti yang ditunjukan oleh Gambar 3. Berikut ini daftar komponen yang kita butuhkan :
  • Bernoulli Binary digunakan untuk membuat deretan bit acak dengan persamaan bernoulli yang nantinya akan dijadikan sebagai input.
  • BPSK Modulator digunakan untuk membangkitkan modulasi BPSK.
  • BPSK Demodulator digunakan untuk membangkitkan demodulasi BPSK.
  • Discrete-Time Scatter Plot digunakan untuk menghasilkan persebaran modulasi dalam diagram konstelasi.
  • DSP Sine digunakan untuk menghasilkan gelombang sinus.
  • DSP Cosine digunakan untuk menghasilkan gelombang kosinus.
  • Complex to Real-Imag digunakan untuk membag bilangan kompleks menjadi ril dan imajiner.
  • X Product digunakan untuk perkalian .
  • Sum (simbol tanda plus) digunakan untuk penjumlahan.
Kemudian susun setiap komponen yang disebutkan diatas sehingga menghasilkan sebuah blok diagram seperti gambar di bawah ini :
Blok Diagram Modulasi BPSK
Gambar 4. Blok Diagram Modulasi BPSK

Jika setiap komponen sudah tersusun seperti pada gambar, langkah selanjutnya adalah menjalankan simulasi Modulasi BPSK tersebut dengan cara menekan Run.

Berikut ini output yang dihasilkan dari blok diagram diatas :

Scatter Plot Modulasi BPSK
Gambar 5. Scatter Plot Modulasi BPSK

Untuk melihat output dalam domain waktu sobat bisa mengklik 2x pada blok diagram Scope. Berikut ini output yang dihasilkan Scope dari blok diagram Modulasi BPSK :

Modulasi BPSK dalam Domain Waktu
Gambar 6. Modulasi BPSK dalam Domain Waktu

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »