Program Deteksi Hidung Dengan Menggunakan MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas tentang pengolahan citra pada MATLAB. Pada pembahasan kali ini kita akan membuat program deteksi hidung dengan MATLAB. Bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak ulasan berikut...

Program Deteksi Hidung Dengan MATLAB

Program deteksi hidung yang akan kita buat sekarang adalah program deteksi hidung yang masih menggunakan prinsip Algoritma Viola-Jones. Algoritma ini dapat kita gunakan dengan mudah pada MATLAB karena sudah berbentuk fungsi built-in sehingga kita hanya tinggal menggunakannya saja. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat program deteksi hidung pada MATLAB :

Langkah Pertama yaitu memasukan file gambar atau image yang akan kita olah dengan menggunakan syntak :
image = imread (' C:\Users\USER\Documents\lamp.jpg ');
Syntak berwarna merah diatas merupakan File Location dari gambar yang akan kita olah. Sobat bisa menggantinya dengan File Location dari gambar yang akan sobat olah.

Langkah kedua yaitu memasukan fungsi dari Algoritma Viola-Jones untuk mendeteksi hidung dengan menggunakan syntak :
NoseDetect = vision.CascadeObjectDetector('Nose','MergeThreshold',16);
Syntak default untuk fungsi ini adalah vision.CascadeObjectDetector('Nose');. Nilai default parameter Merge Threshold pada fungsi ini adalah 4 sehingga tanda deteksi yang dihasilkan kurang akurat. Untuk mendapatkan tanda deteksi yang lebih akurat kita bisa mengatur nilai Merge Threshold-nya menjadi 16. Nilai dari Merge Threshold dapat sobat sesuaikan dengan akurasi dari objek yang sobat amati. Sehingga pada syntak diatas terdapat penambahan parameter.

Langkah ketiga yaitu Memasukan syntak untuk membuat tanda pada hidung yang dideteksi (bounding box) dari objek yang diamti dengan menggunakan syntak :
BB=step(NoseDetect,image);
figure,
imshow(image);
hold on;
for i = 1:size(BB,1)
    rectangle('Position',BB(i,:),'LineWidth',4,'LineStyle','-','EdgeColor','b');
end
Langkah terakhir yaitu memasukan judul dengan menggunakan syntak :
title('Deteksi Hidung');
hold off;
Berikut ini output dari program yang dihasilkan :

Output program yang dihasilkan
Gambar 1. Output program yang dihasilkan

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »