Berkreasi Dengan Pengolahan Suara Pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas tentang pemrograman MATLAB. Pada kesempatan ini kita akan mencoba berkreasi dengan pengolahan audio pada MATLAB, yaitu kita akan membuat suara sirine dengan memanfaatkan syntak yang tersedia pada MATLAB. Untuk penjelasan lengkapnya mari simak ulasan berikut...

Berkreasi Dengan Pengolahan Suara Pada MATLAB

Langkah pertama yaitu memasukan nilai sampling rate / frekuensi sampling yang berfungsi untuk mengatur tingkat atau kualitas suara yang akan kita buat dengan menggunakan syntak :
fs=8000;      
Langkah kedua yaitu memasukan nilai sampling period. Sampling period sendiri merupakan perbedaan waktu antara dua sampel berturut-turut dalam suara yang dihasilkan. Untuk memasukan nilai sampling period kita bisa menggunakan syntak :
dt=1/fs;    
Langkah ketiga yaitu memasukan durasi suara (dalam satuan detik) yang akan kita buat dengan menggunakan syntak :
dur=2.8;
Langkah keempat yaitu memasukan vektor waktu untuk menempatkan variabel dt yang telah kita masukan sebelumnya dengan menggunakan syntak :
t=0:dt:dur;
Langkah kelima yaitu memasukan fungsi suara yang akan kita buat. Pada tulisan ini kita akan membuat suara sirine dengan menggunakan syntak :
psi=2*pi*(100 + 200*t + 500*t.*t);
Langkah keenam yaitu melakukan modulasi terhadap suara yang akan kita buat dengan nilai cosin dan amp 7.7 dengan menggunakn syntak :
xx= 7.7*sin(psi);
Langkah terakhir yaitu memainkan suara yang kita buat dengan menggunakan syntak :
sound(xx,fs);
Dengan mengkreasikan nilai fs (sampling rate) dan dt (sampling period) kita dapat membuat beragam suara yang kita inginkan. Hal yang perlu diketahui adalah semakin kecil nilai fs-nya maka suara yang dihasilkan akan semakin pelan dan begitu pun sebaliknya. Silakan sobat ubah variabelnya sesuai kenginan sobat. Selamat berkreasi :)

Jika sobat mengalami kendala atau kesulitan dalam memasukan setiap syntak, sobat bisa mengunduhnya pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »