Mengenal Pemrograman MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sebuah materi mengenai Aplikasi Pemrograman MATLAB. Mungkin poinreaders cukup asing dengan Aplikasi Pemrograman ini karena kalah famor dengan Aplikasi Pemrograman lainnya seperti Pemrograman C dan Pemrograman HTML. Untuk lebih memahami mengenai Pemrograman MATLAB langsung saja simak ulasan berikut...
 

Mengenal Pemrograman MATLAB

Sekilas Tentang MATLAB

MATLAB adalah singkatan dari (Matrix Laboratory) yang merupakan sebuah program yang digunakan untuk analisis dan komputasi numerik yang dibentuk dengan dasar pemikiran menggunakan sifat dan bentuk matriks. MATLAB digunakan dalam berbagai bidang diantranya Statistik, Matematika, Komputasi dan lain-lain. Dalam lingkungan Perguruan Tinggi teknik, MATLAB merupakan perangkat standar yang digunakan untuk menguji dan mengembangkan berbagai penyajian data yang berhubungan dengan materi matematika, rekayasa dan kelimuan. 

Di bidang industri sendiri MATLAB merupakan perangkat yang sering digunakan untuk berbagai penelitian dengan produktifitas yang tingi dan berbagai analisa lainnya. MATLAB mempunyai berbagai Fitur yang bisa digunakan dalam berbagai bidang yang dikenal dengan nama Toolbox. Toolbox ini merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi MATLAB (M-files) yang telah dikembangkan ke dalam suatu lingkungan kerja MATLAB untuk memecahkan berbagai masalah dalam berbagai area penelitian. Area yang sudah bisa dipecahkan dengan Toolbox saat ini meliputi Pengolahan Sinyal (Signal Processing), Sistem Kontrol, Jaringan Neural (Neural Network), Fuzzy Logic, Wavelets, dan lain-lain.

Bagian Utama MATLAB

Pada dasarnya MATLAB tersusun dari 5 bagian utama yaitu sebagai berikut:

1. Development Environment
Development Environtment merupakan kumpulan dari berbagai fasilitas yang membantu user untuk menggunakan fungsi-fungsi dan semua file yang terdapat pada MATLAB. Fasilitas ini berbentuk Graphical User Interfaces (GUI) yang didalamnya terdapat fasilitas diantaranya MATLAB Desktop, Command Window, Command History, Editor dan Debugger, serta Browsers yang digunakan untuk melihat berbagai fasilitas lainnya seperti Help, Workspace, Files, dan Search Path.

2. MATLAB Mathematical Function Library
Merupakan sekumpulan algoritma komputasi yang dimulai dari fungsi-fungsi dasar seperti: Sum, Sin, Cos, dan Complex Arithmetic, sampai dengan fungsi-fungsi yang lebih kompeks seperti Matrix Inverse, Matrix Eigenvalues, Bessel Functions, dan Fast Fourier Transforms.

3. MATLAB Language
Merupakan suatu High-Level Matrix/Array Language dengan Control Flow Statements, Functions, Data Structures, Input/Output, dan berbagai fitur Object-Oriented Programming (OOP). Hal ini memungkinkan user untuk melakukan "Pemrograman dalam lingkup sederhana " untuk mendapatkan hasil yang cepat, dan "Pemrograman dalam lingkup yang lebih besar" untuk memperoleh hasil dari aplikasi yang komplek.

4. Graphics MATLAB
Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menampilkan vektor dan matrik sebagai suatu grafik. Didalamnya meliputi fungsi-fungsi level tinggi (High-Level Functions) untuk visualisasi data dua dimensi dan data tiga dimensi, Image Processing, Animation, dan Presentation Graphics. Ini juga melibatkan fungsi level rendah yang memungkinkan bagi user untuk membiasakan diri untuk memunculkan berbagai grafik mulai dari benuk yang sederhana sampai dengan yang lebih kompleks.

5. MATLAB Application Program Interface (API)
Merupakan suatu library yang memungkinkan suatu program yang ditulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB.

Lingkungan Kerja MATLAB

Lingkungan Kerja MATLAB Terdapat beberapa bagian dari window MATLAB, diantaranya Current Folder, Command History, Command Window, Workspace, dan Editor. Berikut ini fungsi dari setiap lingkungan kerja yang terdapat pada MATLAB:

1. Current Folder
Window ini menampilkan isi dari folder atau direktori kerja saat user menggunakan MATLAB. User dapat mengganti folder ini sesuai dengan direktori kerja yang diinginkan.

2. Command History
Window ini berfungsi untuk menyimpan perintah-perintah yang pernah dilakukan user sebelumnya. Perintah yang telah tersimpan di Command History ini bisa user panggil kembali dengan cara men-double click perintahnya.

3. Variabel dan Tipe Data
Variabel adalah tempat untuk menyimpan data, sedangkan tipe data adalah jenis data yang dapat disimpan dalam variabel. Aturan penamaan variabel dalam MATLAB sama dengan aturan penamaan dalam bahasa yang lain. Penamaan variabel akan dibahas dalam pembahasan selanjutnya.    

Windows pada MATLAB

MATLAB sendiri terdiri dari beberapa bagian Windows diantaranya:

1. Command Windows
Windows ini muncul ketika user pertama kali menjalankan program MATLAB. Command Windows digunakan untuk menjalankan perintah-perintah MATLAB dan memanggil tool MATLAB seperti Editor, Help, Simulink, dan lain-lain. Ciri dari windows ini adalah adanya prompt.

Comman Windows
Gambar 1. Command Windows

Workspace: Menampilkan semua variabel yang pernah dibuat meliputi nama variabel, ukuran, jumlah byte dan class.
Command History : Menampilkan perintah-perintah yang pernah dituliskan pada Command Window.

2. Editor Windows
Windows ini merupakan tool yang disediakan oleh MATLAB yang berfungsi sebagai Editor Script MATLAB. Ada dua cara untuk membuka editor ini, yaitu melalui Menu File atau dengan cara menulis “edit” pada Command Windows.

Editor Windows
 Gambar 2. Editor Windows

3. Figure Windows
Windows ini merupakan hasil visualisasi dari script MATLAB. MATLAB memberikan kemudahan bagi user untuk mengedit Windows ini sekaligus memberikan program khusus sehingga selain berfungsi sebagai visualisasi output juga sekaligus menjadi media input yang interaktif.

Figure Windows
Gambar 3. Figure Windows

4. Simulink Windows
Windows ini umumnya digunakan untuk mensimulasikan sistem kendali berdasarkan blok diagram yang telah diketahui. Untuk mengoperasikannya user bisa menuliskan “simulink” pada Command Windows.

Simulink Windows
 Gambar 4. Simulink Windows

Semoga materi ini dapat menambah wawasan poinreaders tentang Pemrograman MATLAB dan dapat bermanfaat bagi poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang permrograman.

Share this

Related Posts

First