Cell Array Pada FreeMat

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai FreeMat. Pembahasan kali ini akan kita mulai dari pembahasan mengenai Cell Array. Apa itu Cell Array? Untuk ulasan lengkapnya simak pembahasan berikut...

Cell Array Pada FreeMat

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, FreeMat merupakan aplikasi alternatif untuk MATLAB yang bersifat opensource sehingga dapat kita download secara gratis tanpa mengurangi fasilitas yang ada di dalamnya. Sama seperti halnya MATLAB, aplikasi FreeMat juga dapat menampung berbagai tipe data. Salah satu tipe data yang ada pada MATLAB dan tersedia pada FreeMat adalah tipe data Array. Salah satu tipe Array yang tersedia pada FreMat adalah Cell Array. Cell Array merupakan salah satu tipe Array yang tersedia dan dapat kita gunakan pada aplikasi FreeMat. Sama seperti pada pemrograman lainnya, jenis tipe Array ini dapat menampung beberapa elemen dengan tipe data yang berbeda. Penulisan umum Array pada FreeMat adalah sebagai berikut:
A= {row_def1; row_def1;...;row_defN}
Berikut ini merupakan contoh penulisan Array yang berisi tipe data Number, String, Array.
--> A= {10,'hello',[1:20]}
A=
    [10] [hello] [1x20 double array]
Pada contoh diatas kita hanya membuat Array satu dimensi. Selain Cell Array satu dimensi, kita juga dapat membuat Cell Array dua dimensi dengan memisahkan setiap elemen dengan menggunakan tanda titik koma ( ; ). Perhatikan contoh berikut:
--> B= {pi,e;2i,5}
B=
    [3.14159]    [2.71828]
    [0+2i]       [5]
Setelah kita mempunyai dua Cell Array, kita juga bisa menggabungkannya kedalam satu variabel. Perhatikan contoh berikut:
C= {A,B}
    [1x3 cell array] [2x2 cell array]
Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.    

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »