Pointer Pada Bahasa C

Assalamu'alaikum poinreaders,
Kali ini saya akan membahas materi tentang pointer pada bahasa C. Penggunaan pointer merupakan salah satu dasar dari pemrograman bahasa C, maka dari itu untuk menjadi seorang programmer bahasa C kita diwajibkan untuk menguasai fungsi pointer tersebut. Oke untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut...

Pointer Pada Bahasa C

Pointer adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu variabel lainnya. Alamat ini merupakan lokasi dari objek lain di dalam memori. Untuk mendeklarasikan sebuah variabel pointer, kita harus menggunakan tanda asterik/bintang ( * ) di depan variabel yang akan dideklarasikan.

Format Penulisan :
tipe_data *nama_variabel;

Untuk mendapatkan alamat dari variabel pointer yang telah dideklarasikan sebelumnya, kita harus menggunakan tanda ampersand (&) didepan variabel pointer tersebut.

Format Penulisan :
&nama_variabel;

Sedangkan untuk mendapatkan nilai dari variabel pointer yang telah dideklarasikan, kita harus menggunakan tanda asterik ( * ) didepan variabel pointer tersebut.

Format Penulisan :
*nama_variabel;

Contoh Penulisan :
#include <stdio.h>

int main () {

   int  nilai = 10;
   int  *nilai2;

   nilai2 = &nilai;

   printf("Alamat variabel nilai: %x\n", &nilai  );
   printf("Isi variabel nilai2: %d\n", *nilai2 );

   getch();

   return 0;
}

Output :
Output program pointer sederhana
Gambar 1. Output program pointer sederhana

Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »