Konvolusi Citra dengan Menggunakan MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas tentang Pengolahan Citra dengan menggunakan MATLAB. Pada pembahasan kali ini kita akan belajar tentang cara melakukan proses konvolusi citra pada pengolahan citra MATLAB. Untuk ulasan lengkapnya yuk simak ulasan berikut...

Konvolusi Citra dengan Menggunakan MATLAB

Konvolusi adalah salah satu proses filtering image yang sering dilakukan pada proses pengolahan citra. Pada pengolahan citra MATLAB terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan proses konvolusi. Salah satunya adalah proses konvolusi yang dilakukan dengan menggunakan matriks yang biasa disebut Mask. Matrik Mask yaitu matriks yang berjalan sepanjang proses dan digunakan untuk menghitung nilai representasi lokal dari beberapa piksel pada citra. Langkah-langkah untuk melakukan konvolusi pada pengolahan citra MATLAB adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama yaitu memasukan file gambar atau image yang akan kita olah dengan menggunakan syntak :
image = imread (' C:\Users\USER\Documents\car.jpg ');
Syntak berwarna merah diatas merupakan File Location dari gambar yang akan kita olah. Sobat bisa menggantinya dengan File Location dari gambar yang akan sobat olah.

Langkah Kedua yaitu memasukan Matrik Mask dengan menggunakan syntak :
mask = [-1 -1 -1; -1 7 -1; -1 -1 -1];
Angka berwarna merah diatas menunjukan Matrik ordo 3x3 yang nilainya bisa sobat sesuaikan.

Langkah Ketiga yaitu mengubah gambar yang kita pilih (dalam Mode RGB) ke dalam Mode Grayscale dengan menggunakan syntak :
gray=rgb2gray(image);
Langkah Keempat yaitu mengubah gambar yang telah dalam Mode Grayscale ke dalam bentuk Threshold untuk mendapatkan nilai dari Threshold dengan menggunakan syntak :
thresh=graythresh(gray);
Langkah Kelima yaitu mengkonversi gambar yang telah kita olah sebelumnya ke dalam citra biner dengan menggunakan syntak :
imbw=im2bw(gray,thresh);
Langkah Keenam yaitu memberikan label dan warna yang berbeda pada setiap objek dengan cara mengkonversi label matrik ke dalam RGB Mode menggunakan syntak :
result=conv2(double(imbw),mask,'valid');
Keterangan :
Konvolusi pada pengolahan citra MATLAB mempunyai fungsi dasar :
C = conv2(A,B)
Dimana A dan B sendiri merupakan matrik yang kita masukan. Pada syntak diatas matrik A diwakili oleh fungsi imbw. Sedangkan matrik B diwakili oleh matrik Mask. Untuk keterangan lengkapnya sobat bisa membacanya DISINI

Langkah Terakhir yaitu menampilkan objek sebelum dan sesudah proses konversi dengan menggunakan syntak :
subplot(1,2,1);
imshow(image);
title('Gambar Asli');
subplot(1,2,2);
imshow(result);
title('Hasil Konvolusi'); 
Berikut ini output yang dihasilkan dari program diatas :

Output Konvolusi Citra
Gambar 1. Output Konvolusi Citra

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
10 January 2019 at 12:25 delete

terima kasih bang sangat berguna

Reply
avatar
10 January 2019 at 14:16 delete

Sama-sama. Senang bisa membantu...

Reply
avatar